Pelatihan SDM dan Pemasaran Melalui Media Digital Kelompok Bahari Indah Desa Tonyaman
Kata Kunci:
Pelatihan SDM, pemasaran melalui media digital, kelompok bahari indahAbstrak
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing para pelaku usaha, sehingga masyarakat dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan ekonomi kreatif. Kegiatan ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung. Observasi di lapangan ke lokasi ekonomi kreatif serta wawancara langsung apparat desa dan pelaku UMKM yang dianggap dapat memberikan informasi terkait ekonomi kreatif. Secara umum permasalahan ekonomi kreatif di Desa Tonyaman meliputi kurangnya promosi UMKM kreatif, kurangnya dukungan pemerintah setempat untuk pengembangan UMKM kreatif, masih belum digunakannya media pemasaran online yang dapat membantu UMKM dalam penjualan produk yang lebih luas serta kemasan yang diguakan untuk produk UMKM masih belum menarik. Hal ini dikarenakan SDM yang ada di UMKM kurang memahami mengenai penggunaan teknologi serta kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Dengan dilakukannya pelatihan kepada UMKM, kami berharap ini menjadi salah satu pendorong pelaku UMKM sebagai percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kemampuan dan daya saing pelaku UMKM sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik, pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan, menciptakan nilai tambah, berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.